MOBILE COMPUTING DAN APLIKASINYA


MOBILE COMPUTING DAN APLIKASINYA

1. Pengertian mobile computing      :

1.Mobile computing merupakan sejumlah teknologi yang bisa mengakses internet tidak di satu tempat itu saja melainkan bisa dilakukan dimana saja.

2.Mobile computing merupakan sekumpulan peralatan (hardware), data, perangkat lunak lainnya bisa berpindah tempat atau bisa di bawa kemana saja. Karena bisa menggunakan ponsel standar atau iPhone.

3.Mobile computing merupakan teknologi (portable) yang dapat berkomunikasi jaringan tanpa kabel (nirkabel), tetapi berbeda dengan wireless computing

2 . Perkembangan mobile computing          :

Sebelum ke suatu mobile computing dulu menggunakan single-user yang mengacu kepada suatu sistem operasi,yang hanya bisa digunakan oleh satu pengguna setiap saat.

Setelah itu berkembang nerworking yang merupakan suatu kesatuan komputer yang di hubungkan melalui kabel sehingga komputer yang satu dengan komputer lainnya saling berhubungan dengan cara komunikasi, bertukar informasi, sharing file, printer dll. Kemudian berkembang menjadi bentuk Local Area Networking (LAN), Metropolitan Area Networking (MAN), Wide Area Networking (WAN). Dan sekarang yang lagi berkembang adalah mobile computing.

3. Konsep Mobile Computing

Mobilitas

  • Handoff

Adalah transisi pada jaringan telepon seluler  untuk setiap pengguna sinyal transimisi dari satu stasiun pangkalan dengan stasiun lainnya yang berdekatan letak dalam keadaan si pengguna bergerak. Idealnya setiap pengguna telepon atau modem selalu dalam jangkauan stasiun pangkalannya. Wilayah yang dicakup setiap stasiun pangkalan disebut dengan cell. Ukuran dan bentuknya disebuah jaringan tergantung pada medan di suatu wilayah, jumlah stasiun pangkalan, dan jangkauan pemancaran dan penerimaan setiap stasiun pangkalan. Pada dasarnya cell-cell pada jaringan, untuk waktu yang lama, hardware pelanggan dalam jangkauan lebih dari satu stasiun pangkalan. Jaringan harus memutuskan dari waktu ke waktu, stasiun pangkalan yang mana yang akan menangani sinyal ke dan dari setiap hardware milik pelanggan.

  • Proses migrasi

Aplikasi yang mendukung daya mobilitas.

Privasi dan keamanan

  • Otentikasi

Otentikasi pengguna mobile computing membutuhkan sumber daya pengolahan dan sumber komunikasi yang banyak ketika protocol yang berdasarkan public key encryption dipanggil. Persyaratan sumber daya mengakibatkan waktu respon yang tidak dapat diterima oleh pengguna.

  • Otorisasi

Penyajian infrasukstur untuk akses yang fleksibel dan aman pada kelompok jasa yang didistribusikan dalam lingkungan komputasi yang nomaden, layanan dimana pengguna dapat mengakses dari ponsel mereka secara wireless. Penggambaran secure hands off protokol yang memungkinkan pengguna untuk mendaftar layanan tersebut untuk mengaktifkan subset. Layanan ini membantu menjaga privasi pengguna. Hal ini memungkinkan layanan dan perangkat mobile pengguna untuk memiliki sumber daya yang sederhana.

  • Enkripsi : keamanan

4. Aplikasi Mobile Computing

Setelah kita mengetahui bahwa kita ternyata membutuhkan mobile computing, kita dapat menyebutkan beberapa mobile applications yang sudah ada saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kendaraan

Untuk pemantauan dan koordinasi, GPS

  • Peralatan emergensi

Akses kedunia luar

  • Akses web dalam keadaan bergerak
  • Location aware services
  • Information services
  • Disconnected operations

Mobile agents

  • Entertainment

Network game groups

Berikut adalah jenis-jenis mobile computing:

  • Laptop
  • Wearable Computer
  • PDA ( Personal Digital Assistant )

→ computer berukuran kecil dengan fungsi yang terbatas.

  • Smart Phone

→ PDA dengan integrated cellphone functionality.

  • Carputer

→ computing device yang terpasang di automobile dan beroperasi seperti wireless computer, sound system, GPS, dan DVD player.

  • Ultra-Mobile PC

→ computer berukuran seperti PDA yang berfungsi untuk mengoperasikan sistem

  • Internet tablet.

→ sebuah internet appliance dalam bentuk tablet. Tidak seperti Tablet PC, Internet Tablet tidak memiliki computing power yang besar dan aplikasinya pun terbatas, serta Internet Tablet tidak dapat menggantikan fungsi umum dari computer. Dalam Internet Tablet terdapat aplikasi seperti MP3 dan video player, web browser, chat aplikasi, dan picture viewer.

Tanpa kita sadari, kita sering sekali melakukan kegiatan dengan memanfaatkan penggunaan mobile computing, seperti:

  • Membuat database sederhana
  • Menggunakan mobile phone sebagai remote
  • Mencoba web server di mobile phone
  • Melakukan pertukaran data antar mobile phone

5. Pendukung Mobile Computing

Semakin berkembangnya jaman maka dibututhkan sebuah teknologi baru guna memenuhi kebutuhan yang semakin kompleks.Pada era ini muncul teknologi mobile computing sebagai jawaban kesibukan manusia yang semakin tinggi( mobile ).Mobile computing memiliki kelebihan yakni bisa di bawa kemana saja.Bayangkan bagaimana misalnya untuk mengerjakan tugas di kampus dengan membawa komputer desktop? Pasti tidak efisien.Namun dalam mobile computing sendiri dibutuhkan perangkat-perangkat pendukung seperti perangkat keras yang memadai,perangkat lunak yang kompatibel serta jaringan tanpa kabel (wireless).

Perangkat keras yakni tersedianya perangkat baru mulai dari prosesor yang lebih murah dan berukuran lebih kecil,perkembangan layar yang makin kecil dan makin tipis sehingga perangkat-perangkat yang dulunya besar seperti monitor komputer desktop dapat berubah menjadi setipis layar komputer jinjing dan layar ponsel seperti sekarang.Seperti misalnya ponsel yang dilengkapi sistem transmisi baru sehingga bisa untuk membuka situs web,mengirimkan gambar dan video,bahkan yang terbaru bisa digunakan nutuk melihat siaran televisi layaknya televisi dirumah meskipun sampai sekarang penangkapan sinyalnya masih dibawah televisi rumah.Modem salah satu contohnya,dengan adanya modem kita bisa menghubungkan komputer dengan internet sehingga dapat mendukung aktivitas seperti mengirimkan e-mail,mengunggah foto dan video,bercakap-cakap via internet(chating), hingga bertelepon lewat internet(VoIP).

Perangkat lunak misalnya hadirnya sistem operasi pada komputer misalnya munculnya windows pada komputer memunculkan fitur-fitur baru seperti e-mail,browser hingga layanan chating sehingga pada akhirnya membuat kita untuk selalu berhubungan dengan komputer dan akhirnya muncul komputer jinjing.Pada pernagkat telepon pun muncul sistem operasi mulai dari symbian,java,linux yang muncul satu dasawarsa kemarin hingga yang terbaru mac, blackberry dan android yang semakin mendukung mobile computing,blackberry misalnya,menyediakan layanan chating yang kini sanagat popular dan email dengan kelebihan mampu masuk seperti layaknya pesan pendek (push mail).Demikian pula android yang semakin mendukung mobile computing dengan layanan-layanan google seperti Gmaps,Gmail hingga Gtalk.

Perkembangan jaringan tanpa kabel juga diperlukan untuk mendukung mobile computing mengingat perangkat tersebut harus bisa dibawa kemana-mana sehingga dibutuhkan sebuah media untuk dapat mengirim dan menerima suatu data mulai dari gamabar,suara hingga video.Misalnya munculnya wi-fi sebagai pendukung,wi-fi memilki kelebihan tidak perlu memakai kabel kita sudah dapat terhubung dengan internet asal dalam jangkauan hotspot wi-fi.lalu berkembang dengan munculnya wi-max yang memilki jangkauan lebih luas daripada wi-fi sehingga dapat lebih banyak mengkover suatu wilayah dalam hotspotnya.Dalam perkembangan ponsel pun,jaringan ikut berkembang.Munculnya GPRS,EDGE pada telepon seluler membuat ponsel dapat mengirimkan serta menerima data berupa gambar dan suara.Namun semakin berkembangnya jaman data-data yang dikirim dan diterima memilki ukuran yang semakin besar dan semakin beragam formatnya maka diperlukan generasi baru dalam perangkat transmisi sinyal dan ditemukanlah W-CDMA( 3G)sebagai jalan keluar yang dapat menerima data hingga 3.1 Mbps,sehingga dapat mengakomodasi keperluan akan kecepatan pengiriman data.Dan teknologi ini pun berkembang lagi menjadi HSDPA(3.5G) yang memiliki kecepatan yang lebih cepat lagi.

Namun kedepan perkembangan akan terus terjadi mengingat manusia semakin berkembang dan memerlukan teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan manusia

Komponen penting pendukung Mobile Computing ada 2, yaitu:

  • Hardware, terdiri dari:
  1. CPU ( Central Processing Unit )
  2. Storage
  3. Memory
  4. Communication → Wireless (Wifi, CDMA/GSM/3G, Bluetooth, dll)
  5. Sensing Device → Camera, dll
  6. Display Device → LCD, dll
  • Software, terdiri dari:
  1. OS (Operating System) → Microsoft Windows Mobile/CE, Symbian, RIM, Palm, Linux, Savale
  2. Java ME, biasanya populer untuk game
  3. Applications
  4. GUI
  5. Symbian, didukung nokia
  6. Android → berbasis Linux
  7. iPhone → Hanya ada pada Mac OS X
  8. Palm OS

6. Keterbatasan Mobile Computing

Keterbatasan pada mobile computing antara lain adalah terbatasnya bandwidth yang dapat digunakan masih terbatas dan belum terlalu memadai dibandingkan dengan media non-mobile computing. Standard keamanan pada pemakaian mobile computing juga belum terlalu tinggi sehingga penggunaan mobile computing masih beresiko terhadap privasi para penggunanya. Mobile computing juga masih memiliki keterbatasan dalam pemakaian listrik hal ini dikarenakan rata-rata mobile computing memakai baterai sebagai tenaganya dan baterai rata-rata hanya kuat untuk bertahan selama 4-5 jam. Selain itu User Interface pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat-perangkat yang lain juga masih kurang. Salah satu kekurangan yang lain dari mobile computing adalah dapat mengganggu kesehatan pengguna mobile computing jika dipakai terlalu lama beberapa gangguan kesehatan itu antara lain kelelahan mata, sakit kepala, punggung, juga sakit pada pergelangan tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang hal-hal tersebut biasanya terjadi pada penggunaan laptop sedangkan untuk medan elektro magnetic (EMF) banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak medan magnetic yang terdapat pada perangkat-perangkat mobile computing kepada para penggunanya. Gangguan tersebut mulai dari ketakutan akan lahirnya bayi yang cacat sampai ancaman penyakit kanker yang dapat terjadi karena radiasi yang ditimbulkan perangkat-perangkat mobile computing walaupun hal ini masih belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Sumber-Sumber

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/computer-system-s1/sistem-komputasi-bergerak

http://ri32.wordpress.com/2010/04/06/mobile-computing/

http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing

http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=226623&actmenu=44

http://condetcity.wordpress.com/2010/03/13/mobile-computing/

http://rizkywarior.wordpress.com/2010/04/30/persamaan-dan-perbedaan-mobile-computing-grid-computing-dan-cloud-computing/

http://ryancom.wordpress.com/wireless-and-mobile-computing/

http://manguri.wordpress.com/2010/04/17/mobile-computing/

http://blog.math.uny.ac.id/nurainikusumawati/

http://heru-space.blogspot.com/2008/04/sebagian-komunitas-yang-mempergunakan.html

http://orangsakti.wordpress.com/2009/03/25/perkembangan-teknologi-dalam-masyarakat-modern-wireless-fidelity-wi-fi/

http://3mcr.wordpress.com/pengertian-networkjaringan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: